Materi 4 (Saluran dan Khalayak Kampanye)

 Saluran & Khalayak Kampanye


DEFINISI MENURUT AHLI

  • Schram (1983)

Perantara apapun yang memungkinkan pesan-pesan sampai kepada penerima.

  • Klingemann dan Rommele (2002)

Segala bentuk medium yang digunakan untuk menyampaikan pesan pada khalayak.


DEFINISI SECARA UMUM

Saluran langsung (non mediated) :
  • Kunjungan lapangan, Penyuluhan, Dialog publik, Penyelenggaraan event.
Saluran tidak langsung (mediated) :
  • Media umum
  • Selebaran, news letter, poster, banner, spanduk
  • Media massa
  • Tv, radio, majalah, surat kabar, film bioskop
  • Media sosial
  • Facebook, twitter, whatsapp, youtube, line, instagram

Berdasarkan interaksi penyelenggara kampanye dan khalayak :

Saluran above the line (lini atas)
  • koran, tv, film
Through the line (lini tengah)
  • Media sosial
Below the line (lini bawah)
  • Saluran tatap muka, penyuluhan, dialog publik, pameran

Jenis perubahan yang mungkin muncul akibat penggunaan media massa

Klapper (Mcquail,1987)
  • Menyebabkan perubahan yang diinginkan (konversi)
  • Menyebabkan perubahan yang tidak diinginkan
  • Menyebabkan perubahan kecil (baik dalam bentuk maupun intensitas)
  • Memperlancar perubahan (diinginkan atau tidak)
  • Memperkuat apa yang ada (tidak ada perubahan)
  • Mencegah perubahan


Kecenderungan penyelenggara kampanye dalam memanfaatkan media

Uni-directional campaign (media oriented campaign) :
  • Tindakan memengaruhi khalayak dilakukan secara langsung
  • Pesan kampanye mengalir secara linier dari sumber ke penerima melalui media massa
  • Dialog tidak terjadi sepenuhnya mengandalkan media massa
Bi-directional campaign (audience campaign) : 
  • Karena keterbatasan media maka memanfaatkan saluran komunikasi kelompok dan antarpribadi
  • Memanfaatkan pentingnya pemuka pendapat

Penggunaan Saluran tatap muka dan Media Umum dalam Kampanye

  • Saluran tatap muka memungkingkan munculnya interaksi, pemodelan/pencontohan, motivasi, hingga penguatan secara langsung dari penyampai pesan ke khalayak. 
  • Saluran ini adalah saluran paling alamiah yang digunakan manusia untuk berinteraksi sehingga memungkinkan munculnya umpan balik sekaligus pengalaman khalayak secara langsung. 

Karakteristik Media Umum



Penggunaan Media Massa dalam Kampanye

Sering kita lihat penggunaan media massa adalah salah satu teknik kampanye yang ampuh. Dikarenakan hampir semua masyarakat memakai teknologi serta aplikasi yang canggih.

Darrell M. West (2011), kampanye media social menciptakan situasi baru, khususnya dalam kampanye politik

  • Keefektifan saluran kampanye masa depan akan didasarkan pada jaringan social karena melalui jaringan ini muncul apa yang disebut saringan kepercayaan (trust filter)
  • Mengakui bahwa penyelenggara tidak bisa lagi mengontrol pesan mereka sepenuhnya karena ada campur tangan khalayak atas isi pesan kampanye melalui jaringan media sosial dilevel akar rumput
  • Munculnya partisipasi khalayak yang berkaitan dengan pesan kampanye dalam betuk komentar atau status khalayak melalui media sosial
  • Membuka peluang munculnya umpan balikdan diskusi virtual
  • Menanamkan komentar media sosial diliputan berita
  • Menggunakan media social untuk persuasi secara langsung
  • Memanfaatkan Pendidikan kewarganegaraan untuk aksi politik dan membangun keyakinan
  • Meningkatkan keragaman penyebaran informasi dan paparan melalui social media
  • Menciptakan peluang baru untuk keterlibatan melalui media smart phone


Aspek yang mempengaruhi pemilihan media 


Bagaimana mengefektikan media dalam kegiatan kampanye?

  • Menggunakan banyak sumber
  • Memasukan kegiatan kampanye kedalam komunitas yang lebih besar
  • Tetap bersandar pada prinsip kesegaran dalam meraih khalayak


Media Monitoring

  • Dalam perspektif kampanye, media monitoring dapat diartikan sebagai kegiatan pemantauab luaran dan isi media massa cetak, elektronik, online yang berkaitan dengan isu, gagasan, atau topik yang sedang dikampanyekan. 
Kegunaan media monitoring:
  • Memantau bagaimana media massa mengagendakan atau memosisikan isu-isu yang sedang dikampanyekan, termasuk bagaimana mereka membingkai isu tersebut
  • Penyelenggaraan kampanye menyadari bagaimana isu, gagasan dan topik yang sedang dikampanyekan dipersepsi oleh media, dengan cara ini juga membantu secara cepat memberikan umpan balik
  • Membantu mengetahu apakah ada bias dan distorsi dalam pemberitaan kampanye 
  • Memperoleh gambaran bagaimana competitor disajikan dalam media massa
  • Memantau segala jenis publikasi
  • Mengetahu kelemahan dan kekuatan dari strategi media yang dijalankan



















Komentar